Mitos Keliru Tentang SPF

Tak bisa dipungkiri, tabir surya atau sunblock jadi salah satu barang wajib untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Krim tabir surya yang baik tidak hanya mengandung SPF (Sun Protection Factor), tapi harus ada bahan pelembab, vitamin E, vitamin C dan kolagen serta anti oksidan di dalamnya.

Banyak orang beranggapan bahwa semakin tinggi kandungan SPF, maka semakin lama dan semakin baik pula proteksi yang diberikan untuk kulit. Nyatanya, SPF lebih tinggi belum tentu lebih baik dari kandungan SPF yang lebih rendah.

Dikutip dari Stuff, justru sebaiknya Anda menghindari pemakaian krim tabir surya dengan SPF terlalu tinggi. SPF 60 dan 90 mungkin menjanjikan proteksi terhadap sinar ultraviolet lebih tinggi, tapi juga mengandung bahan kimia lebih banyak.

Selain itu, semakin tinggi SPF, semakin tinggi pula kandungan minyaknya. Bagi kulit berminyak, mungkin bisa menyebabkan komedo akibat pori-pori tersumbat.

Memakai SPF 15 atau 24 lebih aman, asal Anda rajin mengoleskan ulang setiap 1 atau 2 jam sekali. Pengaplikasian berulang dan secara teratur akan memberi perlindungan lebih baik. Pastikan juga krim Anda mengandung PA (biasanya dalam ukuran +, ++ atau +++) sebagai perlindungan ekstra terhadap sinar UVA.