Berapa Jumlah Pintu yang Ideal dalam Rumah ?

Pintu merupakan hal penting dari penataan fengsui sebuah rumah. Dimulai dari posisi pintu pagar yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi beberapa rumus fengsui yang memberikan efek positif, seperti rumus three harmony doorway yang memberikan efek meningkatnya keharmonisan dalam rumah tersebut.

Selanjutnya adalah hal paling penting dalam penataan sebuah rumah, yaitu menentukan arah dan letak pintu utama. Banyak orang yang merasa kalau pintu utama sudah mengikuti ukuran fengsui, maka fengsui rumahnya sudah bagus. Saya harus sampaikan bahwa ilmu fengsui tidak sesederhana itu. Ukuran pintu yang benar tidak akan ada artinya apabila arah pintunya salah.

Pengaturan pintu utama membutuhkan perhitungan yang cermat agar rumah bisa mendapatkan qi bagus yang optimal sehingga memberikan efek yang baik bagi penghuni rumah tersebut. Lalu, berapakah jumlah pintu rumah yang bagus menurut kaidah ilmu fengsui? Dalam perkiraan masyarakat luas terhadap ilmu fengsui, angka-angka memiliki arti khusus.

Hal ini memang benar, tapi kita perlu melihat penerapannya dengan cerdas. Banyak orang mengidolakan angka delapan dan menghindari angka empat sehingga mereka menghindari jumlah pintu sebanyak empat pintu per lantai bangunan rumah.

Sementara yang mengidolakan angka 8 berusaha mati-matian agar pintu rumahnya berjumlah delapan tanpa melihat lagi kebutuhan jumlah pintu yang sebenarnya. Jumlah pintu dalam sebuah rumah menurut ilmu fengsui bukanlah hal prinsip.

Jumlah pintu rumah berukuran kecil dengan rumah berukuran besar tentu berbeda. Begitu juga jumlah pintu rumah dengan penghuni yang banyak, berbeda dengan jumlah pintu rumah dengan penghuni yang sedikit.

Banyak-sedikitnya jumlah pintu harusnya terkait dengan kebutuhan ruang sebuah rumah dan masing-masing keluarga memiliki kebutuhan ruang yang berbeda. Setelah kebutuhan ruang terpenuhi, pengaturan organisasi ruangnya perlu memperhatikan juga faktor efisiensi ruang dan flow-nya.

Setelah itu, baru kita perlu mengatur posisi dan arah pintu masing-masing ruang sedemikian rupa agar memberikan efek yang bagus bagi penghuni rumah. Setelah pintu utama mendapatkan posisi dan arah yang bagus, pintu kamar tidur utama merupakan pintu penting berikutnya yang perlu mendapat perhatian.

Aturlah posisi dan arah pintu agar mendapatkan arah bagus dari penghuni kamar dan mendapatkan facing star bagus sehingga penghuni kamar tersebut dapat menikmati hidup yang lebih optimal. Perencanaan posisi dan arah pintu perlu mempertimbangkan efek di dalam kamar dan di luar kamar, bagaimana kaitan ruang tidur utama ini dengan ruang yang ada di depannya. Pintu kamar tidur anakanak juga perlu diatur agar sesuai dengan pola sang anak dan mendapatkan facing star yang bagus.

Salah satu facing star yang bagus untuk anak adalah facing star nomor empat karena memberikan efek yang bagus untuk prestasi akademik. Bintang nomor empat disebut juga bintang wen chang yang merupakan bintang intelektualitas.

Pintu-pintu kamar sebaiknya tidak berhadapan langsung dengan pintu dapur atau pintu toilet, begitu juga dengan mulut tangga. Pintu kamar perlu mendapatkan open space yang cukup sehingga memberikan keleluasaan gerak yang nyaman.

Kemudian pintu toilet dan pintu servis lain dapat diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan dari fungsi ruang lain yang lebih utama. Arah pintu toilet secara kaidah ilmu fengsui biasanya diarahkan ke arah jelek dari sang kepala keluarga. Demikian sharing yang dapat Sidhi sampaikan. Save the earth, optimize your earth luck?