4 Cara Instan Hilangkan Stres

Mengahadapi stres sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Ada cara mudah dan cepat untuk menurunkan ketengangan dalam diri Anda. Ini dia empat cara tersebut.

"Saat Anda sering mengalami stres, sistem saraf Anda akan terasa tegang, jadi setiap masalah kecil apapun akan membuat Anda kewalahan, "

Itulah alasan mengapa begitu penting membangun rutinitas relaksasi pada saat mengalami stres. Pelajari tujuh cara sederhana ini untuk mengatasi rasa tegang saat stres melanda.

1. Kenali dahulu tanda stres
Seringkali tubuh Anda memberikan sinyal atau tanda-tanda bahwa Anda sedang dalam keadaan stres, namun tidak semua orang bisa membacanya. Misalnya saja waktu tidur yang tidak lelap.

"Orang sering tidak menyadari bahwa stres mempengaruhi kualitas tidur. Anda mungkin tidur selama delapan jam, tapi tidak tidur lelap dan nyenyak, sehingga Anda tetap merasakan lelah,"

2. Konsumsi cemilan sehat
Memanjakan diri dengan sepotong cemilan saat sedang stres memang sudah menjadi kebiasaan manusia. Namun menurut Elizabeth Somer, RD, penulis buku 'Eat Your Way to Happiness', hal ini bukan hal yang baik.

Kudapan manis bisa meningkatkan kadar glukosa pada darah, ini dapat membuat Anda semakin gelisah. Agar tetap sehat, sebaiknya konsumsi strawberry dengan saus dark chocolate, saran dari Elizabeth Somer.

Vitamin C yang terkandung dalam strawberry mengandung radikal bebas sehingga dapat mengurangi tingkat stres. Sementara itu, dark chocolate juga membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh. Pilihan cemilan lainnya adalah, wortel.

3. Tinggalkan meja Anda
Menghirup udara segar akan membuat keadaan Anda jauh lebih tenang dan membuka pikiran. Berjalan di luar ruangan sambil menikmati pemandangan, jika ada kantor Anda dekat dengan taman, tidak ada salahnya mencium wangi bunga. Penelitian menujukkan bahwa menghirup aroma bunga tertentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Persiapan saat tidur
Saat bersiap-siap untuk tidur, terkadang segala pikiran yang membuat Anda stres kembali muncul dan menghantui. Hal inilah yang membuat Anda menjadi kurang tidur.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tuliskan segala pikiran negatif atau hal yang menggangu pikiran Anda. Dengan menuliskan hal negatif yang muncul dalam pikiran, akan membantu Anda lebih tenang dan melupakannya sejenak, menurut Sue Patton Thoele, penulis 'The Mindful Woman'.