Tips Hadapi 'Homesick'

Berjauhan dari rumah dan keluarga bukanlah hal yang mudah. Tak jarang orang mengalami homesick karena rindu dengan keluarga dan suasana rumah.

Untuk menghadapi homesick, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips menghadapi homesick seperti yang dikutip dari helium.


Tetap positif
Beberapa bulan pertama adalah masa terberat bagi orang yang meninggalkan rumahnya untuk pindah ke luar kota atau negeri. Hal paling pertama yang harus Anda lakukan untuk melawan rasa homesick ini adalah berpikir positif bahwa perasaan tersebut akan hilang.

Berhubungan secara rutin
Teknologi bisa membantu Anda mengatasi rasa kangen pada orang-orang tercinta. Saat ini sudah banyak cara untuk tetap berhubungan meskipun jarak memisahkan, mulai dari telpon hingga panggilan video melalui internet.

Mencari teman
Untuk melupakan rasa kangen sejenak, Anda bisa menyibukkan diri dengan bergaul bersama orang-orang di lingkungan Anda berada. Selain menghindari rasa kesepian, teman juga bisa membantu saat kesulitan.

Situs jejaring sosial
Agar tidak ketinggalan berita seputar keluarga dan teman di kota asal, situs jejaring sosial akan sangat membantu. Anda bisa melihat aktivitas keluarga dan teman melalui facebook dan twitter, serta mengetahui hal apa saja yang sedang terjadi di sana.

Pulang secara rutin
Usahakan untuk pulang ke kota asal secara rutin untuk mengatasi homesick. Gunakanlah masa-masa liburan tersebut dengan berkumpul bersama keluarga dan teman.