Orang Tinggi Tidak Mudah Lelah Saat Berjalan

Pernahkah Anda berjalan bersama teman, kemudian Anda merasa lelah terlebih dahulu? Jika ya, mungkin perbedaan tinggi badan mempengaruhinya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Southern Methodist University, Amerika Serikat, untuk mengetahui mengapa orang yang tinggi, tidak cepat merasa lelah dibandingkan mereka yang tingginya lebih rendah. Peneliti pun meneliti tingkat metabolik orang yang memiliki tinggi badan dari 1,07 meter hingga 1,83 meter, seperti yang dikutip dari health24.


Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa setiap orang, baik tinggi maupun rendah, mengeluarkan energi yang sama pada tiap langkahnya. Lantas mengapa orang pendek lebih cepat lelah?

Langkah yang dibuat oleh orang yang tinggi dengan orang yang lebih rendah, tentunya berbeda. Orang yang lebih tinggi bisa melangkah lebih jauh daripada orang yang lebih rendah. Hal inilah yang menyebabkan orang yang lebih rendah terlihat lebih cepat lelah.

Dengan hasil tersebut, penelitian ini memberikan penjelasan bahwa jarak bukanlah patokan kalori yang terbakar, melainkan dari jumlah langkah yang dibuat. Oleh karena itu, jika Anda termasuk orang yang tinggi, ada jarak ekstra yang harus ditempuh jika ingin membakar kalori lebih banyak.