Diet Ala Orang Mediterania

Diet mediterania merupakan diet yang terinspirasi oleh gaya hidup orang-orang yang hidup di cekungan mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol. Konsepnya adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang alami dengan menyingkirkan semua nutrisi buatan.

Diet mediterania bukan sekedar diet biasa yang mampu menurunkan berat badan saja karena diet ini dapat menghindari orang terkena berbagai macam penyakit.Stroke, sakit jantung, sindrom metabolik seperti tingkat kolesterol yang tidak stabil, penyakit paru-paru seperti asma, parkinson, alzheimer dan berbagai jenis kanker merupakan penyakit-penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan diet mediterania. Banyaknya penyakit yang dapat dihindari membuat diet mediterania disebut-sebut sebagai metode diet yang paling sehat di dunia.


Ingin tahu bagaimana metode diet mediterania ini? Simak caranya berikut ini, seperti yang dikutip dari mediterraneandiet.

** 1. Hindari semua makanan buatan. Hal ini merupakan aturan dasar diet mediterania. Dalam makanan buatan, terdapat trans fat atau lemak trans yang meningkatkan kolesterol dan dicurigai bisa menyebabkan kanker. Di Amerika Serikat, produsen makanan buatan harus menerangkan secara jelas jumlah lemak trans pada produknya, namun di negara-negara lain hal ini belum dilakukan.

** 2. Seperti makanan buatan, Anda juga harus menghindari minuman buatan dengan gula atau pemanis. Minumlah air sebanyak mungkin dan beberapa jus buah segar seperti jeruk yang diperas atau diblender sendiri, bukan yang dijual di mini market dalam kemasan.

** 3. Hindari berbagai jenis permen. Permen mengandung berbagai jenis pemanis buatan yang tidak sesuai dengan metode diet Mediterania.

** 4. Dapatkan sarapan yang sehat setiap hari dengan buah-buahan segar seperti nanas, stroberi, apel, pir, jeruk, jeruk bali. Namun hindari pisang dan anggur. Buatlah bubur havermut dengan susu skim dan tanpa gula. Anda juga bisa menambahkan telur dan kacang jika mau. Jika bosan, Anda bisa mengganti telur dengan ikan bakar atau memasukkan keduanya (telur dan ikan) bila tubuh membutuhkannya, misalnya saat aktivitas pada hari tersebut akan sangat melelahkan.

** 5. Dengan melakukan sarapan ala diet mediterania tersebut, Anda tidak akan kelaparan selama empat hingga lima jam. Jika Anda kemudian bekerja atau berbelanja, makanlah beberapa wortel yang sudah dikupas atau apel yang sudah dibersihkan. Bawahlah wortel atau apel tersebut di dalam tas Anda.

** 6. Tiga hingga empat jam kemudian, Anda bisa makan siang dengan menu yang mirip seperti sarapan. Beberapa sayuran yang direbus tanpa wortel dan sedikit kentang. Untuk menu utamanya, Anda bisa membuat ayam panggang dengan sedikit minyak zaitun. Jangan lupa mengonsumsi salad yang juga menggunakan sedikit minyak zaitun.

** 7. Sebelum tidur, makanlah buah-buahan dan minumlah segelas susu skim.

** 8. Jangan lupa untuk selalu makan dengan perlahan agar tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, diet mediterania bukan hanya sekedar diet, namun juga gaya hidup. Oleh karena itu, diet ini harus ditunjang dengan gaya hidup yang sehat. Hindari merokok, tidur terlalu larut dan juga mulailah berolahraga.