Atasi Sakit Gigi Dengan Kompres Es

Banyak orang bilang, sakit hati lebih baik dari pada sakit gigi. Itu benar adanya. Sebab saat sakit gigi, bisa membuat hati turut sakit. Dan, salah satu pengobatan mudah mengatasi sakit gigi yaitu dengan kompres es.

Cara pengobatan paling aman dan paling sederhana untuk menghilangkan rasa sakit gigi adalah, dengan menggosok es yang dibungkus kasa (kompres es). Mengompres es di pipi atau dekat dengan lokasi sakit gigi bisa mengurangi pembengkakan, tetapi tidak bisa mengusir rasa nyeri. Namun setidaknya, kompres es memberikan Anda cukup waktu menuju dokter gigi tanpa rasa nyeri.


Dalam satu studi di McGill University, Montreal, Kanada, mayoritas pasien menemukan bahwa pijat es mengurangi intensitas rasa sakit gigi mereka secara dramatis.

Agar pengobatan sakit gigi dengan kompres es bisa efekif, ikuti petunjuk yang dikutip Thirdage, berikut:

- Gunakan tangan pada sisi yang sama dengan lokasi sakit gigi, misal gigi sebelah kanan yang sakit, maka gunakan tangan kanan untuk memegang kompres es.

- Gunakan formasi “V” antara ibu jari dan empat jari lainnya selama melakukan pengobatan dengan kompres es.

- Berikan pijatan pada pangkal ibu jari selama 7 menit, lalu ulangi sesuai kebutuhan. Dalam tradisi akupunktur China, area ini disebut titik "hoku".

- Pijat titik hoku dengan es yang dibungkus kasa. Jika tangan Anda mulai mati rasa, jauhkan kompres es dari titik tersebut. Pijatan es 7 menit akan memberi Anda waktu 15 menit-1,5 jam untuk bisa lega dari rasa sakit. Ini adalah waktu yang cukup untuk membawa Anda ke dokter gigi dan bebas dari rasa sakit atau untuk menghilangkan ketidaknyamanan.